Mailanihidayati's Blog

Just another WordPress.com weblog

King Belum Kalahkan Laskar Pelangi July 12, 2009

Filed under: movie — mailanihidayati @ 9:30 am
Tags: , , , , , ,

Film berjudul KING yang bertema anak-anak, ternyata masih kalah tingkat penjualan tiketnya dibandingkan dengan film berjudul LASKAR PELANGI yang juga mengangkat tema serupa.

“Penjualan tiket untuk KING mencapai sekitar 1.500 tiket/hari, namun masih kalah dibandingkan dengan film LASKAR PELANGI,” kata Manager Bioskop Citra 21 Semarang, Waluyo, Sabtu (11/07).

Ia mengatakan penjualan tiket untuk LASKAR PELANGI sanggup mencapai sekitar 2.000 tiket/hari dan berada pada urutan pertama film dengan penjualan tiket terlaris dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Namun, kata dia, meskipun masih kalah dibandingkan film LASKAR PELANGI, penjualan tiket film perdana besutan sutradara Ari Sihasale tersebut terbilang cukup tinggi, dibandingkan film-film lain yang mengangkat tema hantu.

Selain film KING, film lain yang mengusung tema serupa berjudul GARUDA DI DADAKU garapan sutradara muda Ifa Isfansyah juga diputar di bioskop-bioskop kota Semarang, termasuk Bioskop Citra 21 Semarang.

“Dua film bertema anak-anak ini cukup diminati,” kata Waluyo.

Menurut dia, animo masyarakat Semarang untuk menonton kedua film tersebut terbilang cukup tinggi, sekalipun pemutarannya sudah hampir memasuki waktu satu bulan.

“Penjualan tiket film GARUDA DI DADAKU tercatat relatif sama dengan film KING di kisaran 1.500 tiket/hari,” katanya.

Biasanya, kata dia, penjualan tiket untuk setiap film baru pasti ramai di minggu-minggu pertama, sementara di minggu-minggu berikutnya tergantung kualitas film itu.

“Kami menganggap sebuah film sukses jika mampu memasuki pemutaran sampai satu bulan,” kata dia.

Sementara itu, kehadiran film KING dan GARUDA DI DADAKU diakui oleh masyarakat, terutama kalangan orangtua sebagai alternatif pilihan tontonan di tengah maraknya film bertema percintaan, komedi, dan religi.

Yunita (30), warga Pondok Kelapa Jakarta Timur yang mengaku tengah berlibur di Semarang mengatakan, dirinya selalu membawa putrinya, Gita Aulia Putri(7) untuk menonton film baru bertema anak di setiap kemunculannya.

Menurut dia, film merupakan media pembelajaran yang bagus untuk anak, sebab melalui film anak-anak dapat belajar memahami mana yang baik atau buruk dalam kehidupan sehari-hari.

Senada dengan hal tersebut, Zakaria (39) warga Demak juga mengaku tertarik dengan film KING karena sarat nilai moral yang terkandung dalam isi cerita.

“Film lain yang bertema anak-anak seperti GARUDA DI DADAKU sepertinya juga bagus, namun saya belum sempat menontonnya,” kata Zakaria yang mengajak putranya Beni (7) untuk menonton film tersebut.

Disinggung tentang kuantitas dan frekuensi kemunculan film anak, seperti film KING dan GARUDA DI DADAKU, ia justru menyayangkan rendahnya produksi film Indonesia yang bertemakan anak-anak.

“Film-film bertema anak, khususnya yang membawa pesan moral harus lebih diperbanyak, minimal setiap liburan sekolah, agar anak-anak dapat mendapatkan hiburan yang mendidik,” katanya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s